From Statistic to Program

By | December 11, 2018

Ada hal menarik dari data statistik yang saya tarik siang ini, yaitu antara fatality(pekerja mati), LT (pekerja cidera dan tidak bisa bekerja kembali), dan RD (pekerja cidera tapi masih bisa bekerja kembali dengan keterbatasan fisik).

Fatality berkorelasi POSITIF dengan LT, artinya semakin besar angka LT maka angka Fatality juga semakin meninggi!

Fatality berkorelasi NEGATIF dengan RD, artinya semakin besar angka RD malah angka Fatality semakin menurun!

Apa yang bisa disimpulkan dari korelasi ini ?

Pekerja yg cidera dan kembali bekerja dengan keterbatasan fisik (RD) memiliki pengaruh yg cukup signifikan untuk menumbuhkan kesadaran keselamatan kerja rekan di sekitarnya. Dalam teori Difusi Inovasi pekerja ini adalah opinion leaders atau influencer yang mampu mempengaruhi perilaku orang lain dengan penampakan fisik yang terbatas atau pengalaman cidera yang dialaminya.

Pengalaman cidera didukung oleh penampakan fisik yang terbatas adalah reinforcing factor yang membentuk persepsi rekan kerja yang lain untuk berhati hati atau waspada terhadap keselamatan kerja sehingga mendorong perilaku positif. (teori planned behaviour)

Top Management yang jeli akan menggunakan pekerja pekerja ini untuk menjadi saksi dan inovator keselamatan kerja sehingga pekerja yang lain (early majority dan late majority) akan follow. Strategi ini lebih efisien dan efektif untuk merubah perilaku daripada menggunakan supervisor atau orang lain untuk presentasi keselamatan kerja selama 24 jam nonstop.

Novento, 11 Dec 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *