Tingkat Kepatuhan

By | December 8, 2018

Seorang pasien masuk ke Rumah sakit (sistem organisasi) dan suka atau tidak (atttitude) dia harus minum obat kalau mau sembuh karena dia mau sembuh dan terhindar dari penyakit! Tingkat kepatuhan cenderung tinggi atau rendah?

di tempat lain..

Seorang karyawan masuk ke perusahaan (sistem organisasi) dan suka atau tidak (attitude) dia harus menjalankan prosedur supaya tidak celaka! Tingkat kepatuhan cenderung tinggi atau rendah?

hipotesis…

Tingkat kepatuhan tinggi tapi masih sakit/celaka berarti ada yg salah (lubang keju) di sistem organisasinya. Tingkat kepatuhan rendah berakibat sakit/celaka berarti ada human factor. Tingkat kepatuhan rendah tapi tidak ada sakit/celaka berarti keberuntungan!

One thought on “Tingkat Kepatuhan

  1. dwi pudjiarso

    Perbandingan yang sederhana dan mengena. Disini KUNCInya.

    Berarti tantangan kita profesi safety lah untuk bisa membuat PROGRAM SAFETY bisa diterima oleh karyawan (yang tentu berbeda satu dari yang lain), MERASA memiliki KEPENTINGAN atau NEED PRIBADI akan program SAFETY, seperti ia butuh MINUM OBAT untuk penyakitnya.

    Jadi harus sampai menjadi NEED PRIBADI. Banyak perusahaan di luar negeri yang meMULAI program safetynya dengan mengajak karyawan MENETAPKAN PERSONAL NEED mereka, yang biasanya isinya adalah: 1. Keluarga 2. Kesehatan 3. Rumah (aset) 4. Finance 5. Naik Haji (religius) 6. Rekreasi 7. Karier dsb. Di Indonesia masih LANGKA.

    Lalu setiap hari PERSONAL NEED tsh dijadikan pengingat untuk mengikuti program safety yang MEMBUATnyapun sudah meLIBATkan (engage) dan Empower mereka.

    Terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *