Kompetensi Berbasis Training

By | March 8, 2017

Di era saat ini, setiap pekerja dibidang apapun dituntut untuk memiliki kompetensi yang baik untuk dapat melakukan pekerjaannya. Dengan adanya pengaruh globalisasi, tantangan pasar dan perkembangan ilmu pengetahuan, tuntutan dunia kerja terhadap kompetensi pekerja menjadi semakin tinggi. Dengan memiliki kompetensi, setiap pekerja dapat melakukan tugas dan fungsinya secara baik dan benar serta membuahkan hasil yang diharapkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Dengan demikian, kompetensi menjadi hal yang sangat diperlukan oleh pekerja.

Kompetensi jika diartikan adalah pengetahuan, keterampilan, sikap dasar serta nilai yang dicerminkan ke dalam kebiasaan berfikir dan bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, kontinyu serta dapat diraih setiap waktu. Kebiasaan berfikir dan bertindak dengan konsisten secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi kompeten.

Beberapa dimensi yang tercakup dalam kompetensi manurut Gordon (1988:109):
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
3. Perilaku/Sikap

Dalam upaya pemenuhan/peningkatan kompetensi dari pekerja ini, dapat dilakukan dengan sebuah system pelatihan yang berbasis pada kompetensi atau dikenal dengan Competency Based Training (CBT). Menurut Michael D Tovey (1997), produk yang dihasilkan dari CBT diarahkan pada peningkatan keterampilan dan kinerja sesuai dengan system standard dan proses kerja.

Menurut Raymond J Stone (1995) CBT dapat dilakukan dengan langkah-langkah:
1. Identifikasi kebutuhan kompetensi, membuat skala prioritas kebutuhan
2. Menentukan pilihan yang tepat terkait kompetensi untuk mendukung pencapaian tujuan
3. Menentukan rencana pelatihan bagi individu
4. Melakukan pemantauan secara kontinyu setiap perkembangan kinerja dari individu

Oleh karena itu, silahkan Anda nilai diri sendiri dalam performa kerja, dan identifikasi hal apa saja terkait dengan kompetensi yang perlu ditingkatkan. Semoga dengan peningkatan kompetensi dapat meningkatkan performa kerja dan bisa bersaing secara global dalam menghadapi dunia kerja saat ini.

– Herwan Saputra –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *